Nov 29, 2020 Rahardian

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Sewa Bus Makassar Toraja

Jika Anda sedang merencanakan perjalanan wisata dari Makassar ke Toraja menggunakan bus sewaan, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal penting. Berikut tips dan kelebihan dari sewa bus Makassar Toraja serta jenis bus yang bisa dipilih.

Tips Memilih Bus Pariwisata yang Baik

Perjalanan wisata memang akan terasa lebih mudah jika menggunakan transportasi bus. Muatan bus lebih banyak sehingga Anda bisa melakukan perjalan bersama teman atau kerabat. Biaya untuk sewa bus pariwisata per hari dinilai lebih hemat budget.  Yuk intip tips memilih bus pariwisata agar lebih nyaman dan aman.

1. Perhatikan Keseluruhan Bus

Lakukan rencana perjalanan wisata Anda dengan baik seperti memperhatikan kondisi transportasi. Pastikan kondisi bus secara keseluruhan dalam kondisi yang layak jalan agar tidak rugi mengeluarkan biaya. Selain itu perjalanan wisata juga lebih aman jika kondisi bus baik-baik saja tanpa kendala.

Apalagi perjalanan wisata bertujuan untuk refreshing, bukan untuk sport jantung apabila tiba-tiba bus mengalami kendala fatal di tengah perjalanan. Jadi, Anda bisa sewa bus pariwisata eksklusif yang baru atau lama tapi tingkat keamanannya tinggi.

2. Dokumen Kendaraan yang Lengkap

Izin lintas kendaraan harus diperhatikan agar perjalanan wisata lebih aman dan nyaman. Apabila kendaraan tidak memiliki dokumen yang lengkap, maka kemungkinan ditilang polisi di tengah perjalanan. Hal itu akan menghambat perjalanan wisata.

Oleh karena itu pastikan dokumen bus lengkap meskipun harga sewa bus 1 hari di tempat tersebut lebih murah dibandingkan tempat lain. Hal paling penting adalah keselamatan perjalanan pulang dan pergi. Ingatlah bahwa ada keluarga yang menantikan Anda pulang dengan selamat ke rumah.

3. Bijak dan Tanggung Jawab

Ingatlah bahwa bus yang digunakan dalam perjalanan wisata tersebut sifatnya adalah sewa di mana artinya itu bukan milik Anda. Jadi, pastikan untuk bijak dan bertanggung jawab terhadap fasilitas apapun yang disediakan di dalam bus tersebut. Jangan sampai ada yang rusak, baik itu disengaja atau tidak. Pasalnya, kerusakan yang terjadi akan menjadi tanggung jawab Anda sebagai penyewa bus tersebut.

4. Sewa Bus Sesuai Budget

Anda memang direkomendasikan untuk memilih bus dalam kondisi sehat dari segi mesin dan perangkat lainnya. Namun jangan paksakan memilih bus dengan harga over budget. Pilihlah bus terbaik yang harga sewanya memadai dan pas di kantong.

Anda bisa meminta daftar harga sewa bus kepada pemilik jasa tersebut. Mereka pasti memiliki bus yang kondisinya masih oke untuk perjalanan dari Makassar ke Toraja dengan harga sewa terjangkau dan sesuai budget Anda.

5. Pikirkan Kemungkinan Buruk

Anda harus memikirkan kemungkinan terburuk ketika memutuskan untuk sewa bus pariwisata. Hitunglah perkiraan pengeluaran yang muncul apabila terjadi sesuatu di luar perencanaan. Perhatikan pula syarat, hak dan kewajiban Anda ketika sewa bus pada jasa tersebut.

6. Pastikan Waktu untuk Sewa Bus

Tentukan waktu yang tepat untuk sewa mobil Makassar menuju Toraja. Hindari menyewa bus sehari sebelum perjalan berlangsung. Hal itu akan membuat Anda sulit memilih bus yang kondisi masih bagus karena pilihannya terbatas. Apabila Anda menyewa bus jauh-jauh hari maka pilihannya masih banyak untuk keperluan di hari perjalanan.

Selain itu harga sewa bus yang dipesan jauh-jauh hari juga masih bisa ditawar dan terjangkau. Pemesanan bus di hari yang sama dengan perjalanan akan membuat harga membengkak. Pastinya itu akan membuat biaya sewa bus Makassar Toraja menjadi over budget.

7. Kendaraan Tersedia

Pastikan kendaraan yang Anda inginkan tersedia di jasa rental tersebut. Jasa rental yang profesional akan menanyakan kriteria bus yang ingin disewa untuk keperluan transportasi dari Makassar ke Toraja. Selain itu perlu diingat bahwa harga sewa bus makassar toraja berbeda-beda sesuai jenis bus yang diinginkan. Oleh karena itulah Anda harus memastikan kendaraan tersedia di jasa rental tersebut.

Kelebihan Menggunakan Bus Pariwisata

Intensitas wisatawan meningkat ketika libur telah tiba, terutama akhir tahun. Sebagian besar dari para wisatawan memutuskan untuk sewa bus agar lebih mudah melakukan perjalanan wisata bersama keluarga dan kerabat. Oleh karena itu budget yang disediakan juga harus sesuai dengan harga sewa mobil bus pariwisata yang diinginkan. Apa saja kelebihan dari menggunakan bus pariwisata?

1. Lahan Parkir Efisien

Jika menggunakan bus pariwisata, Anda tidak perlu pusing memilih lahan parkir. Satu bus cukup untuk satu lahan saja dengan jumlah penumpang yang ramai. Bayangkan jika para rombongan tersebut tidak menyewa bus melainkan mobil, maka bisa dipastikan butuh lahan parkir lebih banyak.

2. Koordinasi Penumpang

Seperti yang diketahui bahwa sulit untuk mengkoordinasi orang dalam jumlah banyak. Namun penggunaan bus dapat memudahkan Anda dalam mengkoordinasi penumpang. Waktu berkumpul juga lebih cepat karena masing-masing penumpang sudah saling kenal karena berada dalam satu kendaraan.

3. Hemat Anggaran

Jelas saja hemat anggaran karena harga sewa bus pariwisata eksklusif akan dibebankan kepada seluruh menumpang. Jika penumpangnya banyak maka harga sewanya akan lebih ringan. Lain halnya jika Anda menyewa mobil dengan kapasitas penumpang lebih kecil. Harganya tidak jauh dari dari harga sewa bus sehingga beban anggaran penumpang lebih besar.

4. Bagasi Lebih Besar

Kapasitas bagasi sebuah bus tentu saja lebih besar dibandingkan mobil. Jadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk sewa bus meskipun harganya lebih tinggi, tapi fasilitas seperti bagasi lebih luas. Lagi pula harganya meskipun tinggi masih bisa dibebankan kepada penumpang yang lain sehingga lebih ringan.

Jenis Bus Pariwisata

Ada beberapa jenis pariwisata yang bisa dipilih, yakni:

1. Medium Bus High Deck

Bus High Deck memiliki lantai yang tinggi sekitar 3,85 hingga 3,9 meter. Tampilannya tampak tinggi sehingga ruang di bawah lebih luas yang digunakan sebagai bagasi. Harga sewa bus 40 seats dan lainnya tentu berbeda. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan jumlah penumpang agar semua penumpang mendapatkan tempat duduk.

 

2. Medium Bus

Bus yang satu ini juga tinggi dan memiliki bagasi yang luas. Sangking luasnya, bagasi belakang medium bus 30 seats dapat diisi dengan 15 koper ukuran besar. Kaca bagian depan bus menggunakan kaca ganda dengan sekat pembatas. Interiornya cukup mewah sehingga penumpang merasa nyaman dan aman untuk perjalanan dengan jarak dari makassar ke toraja.

2. Micro Bus

Bus ini merupakan hasil perkembangan dari bus di atas. Namun perbedaannya terletak di bagian badannya yang lebih rendah. Secara dimensi tinggi bus lebih rendah 30 cm dari bus sebelumnya, tapi tetap nyaman digunakan untuk perjalanan jauh. Interiornya sangat rapi di mana bagian dashboard driver didesain elegan tapi sederhana. Sementara bagian deck penumpang didesain dengan tinggi standar agar tidak terlalu curam.  Anda bisa memilih harga sewa bus 20 seats atau lebih besar dari itu, sesuai kapasitas penumpang.

Demikian penjelasan mengenai tips dan kelebihan dari sewa bus Makassar Toraja serta jenis bus yang bisa dipilih.


Sign Up for a Newsletter

Sign up for our mailing list to get latest updates and offers.


Subscribe