Indonesia merupakan negara kaya akan budaya, adat-istiadat dan terdiri berbagai macam suku, salah satu suku yang cukup terkenal diwilayah Indonesia bagian timur adalah suku Toraja menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi selatan yang merupakan suku yang kaya akan keunikan budaya, yang populasinya diperkirakan sekitar 1 juta jiwa, dengan sekitar 500.000 ini mayoritas beragama Kristen dan sebahagiannya lagi beragama Islam. Akan tetapi ada juga beberapa yang menganut animisme atau yang biasa disebut dengan Aluk To Dolo (Agama nenek moyang). Nama Toraja berasal dari bahasa Bugis yaitu “to riaja” berarti orang yang berdiam di negeri atas suku ini terkenal dengan ritual pemakamannya, Tanpa berlama-lama lagi guys saatnya kita membahas tentang upacara pemamakan unik pada suku Toraja.

  • Rambu Solo (Upacara Pemakaman)

Pasti kalian bertanya-tanya upacara pemakaman seperti apasih rambu solo itu. Upacara rambu solo merupakan upacara pemakaman para bangsawan Toraja,  upacara ini di selenggarakan tidak hanya beberapa hari melainkan sampai berhari hari, tidak sampai disiitu upacara ini semakin unik dengan beberapa iringan yaitu suara seruling, puisi juga tangisan yang merupakan bentuk ekspresi dari para pelayat. Karena berhubung upacara ini di khususkan untuk para bangsawan biaya penyelengaraan rambu solo ini tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar bisa mencapai kisaran ratusan bahkan milyaran juta rupiah guys, gimana bergetar gak tuh jiwa kemiskinan, semakin kaya bangsawan tersebut maka semakin meriah pula penyambutannya.

  • Ma’ nene

Ma’ nene sendiri adalah upacara mengganti baju jenazah, dimana jenazah yang telah bertahun-tahun dimakamkan baik yang diletakkan dipohon, dibatu maupun ditebing dikeluarkan dari makam didandani dan bajunya diganti layaknya orang yang masih hidup, cukup menyeramkan kan guys.

  • Berbagai macam kuburan suku Toraja

Satu lagi keunikan suku Toraja yaitu bentuk kuburannya bermacam, yaitu pemakaman didalam goa untuk bangsawan, selanjutnya kuburan batu ukir ini juga diperuntukan pada para bangsawan ketika lokasi dalam goa sudah tidak cukup, dan yang terakhir perkuburan dipohon untuk para bayi yang meninggal dan belum (tumbuh gigi). Hal inilah menjadi daya tarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Toraja.

Gimana guys menarik bukan  destinasi wisataya yang satu ini tentunya berbeda dari destinasi  wisata lainnya jadi tunggu apalagi yuk saksikan sendiri wisata mistis Toraja.

Similar Posts