PT. pacébo tours Ltd. Indonesian Tour Operator, Tour Packages & Bus Pariwisata Makassar. Tempat terindah dan menyimpan banyak magis dalam kultur budaya yang luar biasa di Indonesia, Tana Toraja. Salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang masih memeluk erat adat dan tradisi di era globalisasi saat ini. Keeksotitas wilayah serta budaya unik Tana Toraja membuat daerah ini menjadi tempat wisata paling diminati hingga kancah Internasional. Dari kota Makassar, Tana Toraja dapat diakses melalui dua rute, yaitu darat dan udara. Rute darat mengkabiskan waktu sekitar 8-9 jam sedangkan  melalui rute udara sekitar 50 menit akan tetapi penerbangannya diwaktu tertentu saja. Saat anda ingin berkunjung ke Toraja anda harus bersiap terpesona dengan keindahan alam yang menakjubkan, pemandangan  pegunungan yang tersusun rapi membuat hati terasa tentram dan tenang. PT. pacébo tours Ltd. travel agent dan bus pariwisata di Makassar adalah tempat yang tepat untuk berwisata ke Toraja. Kamu akan melihat berbagai hal unik dari kebudayaan Toraja mulai dari upacara adat, kuburan batu dan masih banyak lagi hal unik dari dari daerah ini yang akan penulis rangkum beberapa di antaranya.

1. Rambu Solo

Rambu Solo – Tana Toraja

Rambu Solo adalah upacara kematian yang dilakukan oleh masyarakat Toraja. Upacara pemakanan ini bertujuan untuk memberikan penghormatan arwah orng yang meninggal dunia menuju alam roh. Upacara ini adalah ritual paling penting  karna orang yang meninggal tersebut baru dianggap benar-benar meninggal setelah seluruh prosesi acara ini digenapi sebelum proses selesai orang tersebut hanya dianggap sedang sakit dan tetap diberi makanan maupun diajak berbicara. Menyelenggarakan acara tersebut membutuhkan biaya yang cukup mencengangkan bisa mencapai milyaran rupiah tidak jarang upacara pemakaman ini digelar setelah berminggu-minggu bahkan sampai bertahun-tahun sejak kematian yang bersangkutan agar keluarga yang ditinggalkan dapat mengumpulkan uang untuk membiayai acara pemakaman fantastis tersebut. PT. pacébo tours Ltd. Travel Agent Makassar menyediakan paket wisata Toraja dan Bus Pariwisata di Makassar travel agent yang tepat untuk berwisata ke Toraja.

2. Ma’nene

Ma’nene – Tana Toraja

Upacara yang masih berkaitan dengan kematian yang sangat sayang dilewatkan ketika berkunjung ke tana Toraja. Ritual yang bertujuan untuk membersihkan jasad para leluhur yang sudah ratusan tahun meninggal dunia. Proses ini dimulai dengan mengeluarkan jasad dari kubura, kemudian dibersihkan dan pakaian yang dikenakan jasad para leluhur itu diganti dengan pakaian baru. Ritual ini mempunyai makna yang lebih, yakni mencerminkan betapa pentingnya hubungan antar anggota keluarga bagi masyarakat Toraja yang lebih dulu meninggal dunia. Masyarakat Toraja menunjukkan hubungan antar keluarga yang tak terputus waaupun telah dipisahkan oleh kematian. PT. pacébo tours Ltd. travel agent yang menyediakan paket wisata Toraja dan Bus Pariwisata di Makassar travel agent yang tepat untuk berwisata ke Toraja.

3. Rumah Adat Tongkonan

Rumah Adat Tongkonan – Tana Toraja

Tongkonan merupakan rumah adat Toraja yang memiliki sejuta makna. Rumah adat yang terbuat dari kayu uru ini memiliki ciri khasnya tersendiri, yang paling mencolok adalah bagian atap rumah tongkonan yang berbentuk seperti perahu, bentuk perahu ini menjadi pengingat masyarakat Toraja bahwa leluhur mereka menggunakan perahu untuk sampai di Sulawesi. Dibagian atas rumah biasanya akan terpasang patung kepala kerbau. Beberapa tongkonan terdapat patung tambahan berupa kepala ayam atau naga, symbol seperti ini menjadi tanda bahwa si pemilik rumah adalah yang dituakan di tempat itu. Biasanya rumah Tongkonan dijadikan tempat menyimpan jenazah sebelum disemayamkan. PT. pacébo tours Ltd. Travel Agent Makassar menyediakan paket wisata Toraja dan Bus Pariwisata di Makassar travel agent yang tepat untuk berwisata ke Toraja.

4. Kuburan Batu

Kuburan Batu – Tana Toraja

Destinasi yang paling sering kita lihat saat berkunjung ke Toraja adalah Kompleks makam yang terkenal berupa kuburan yang diletakkan dalam tebing bukit tinggi. Kuburan-kuburan yang tersusun rapi di tebing-tebing Toraja , tidak hanya itun Toraja juga menyimpan peti-peti dalam gua dengan susuan tengkorak dan tulang belulang dari luar, wisatawan juga  bisa masuk kedalam gua untuk melihat lebih dalam lagi dengan membayar Rp 20.000 – Rp 25.000 untuk jasa pemandu dan penerawang. Masuk kedalam gua memang sedikit membuat bulu kuduk merinding tetapi pengalam menegangkan tersebut tidak akan bisa terlupakan. PT. pacébo tours Ltd. Travel Agent Makassar menyediakan paket wisata Toraja dan Bus Pariwisata di Makassar travel agent yang tepat untuk berwisata ke Toraja.

5. Kuburan Bayi

Kuburan Bayi – Tana Toraja

Toraja menjadi salah satu daerah di dunia yang meyakini kesakralan kematian bayi. Passiliran, kuburan bayi yang di Toraja yang sayang jika dilewatkan. Kuburan bayi ini memiliki keunikan tersendiri karna disemayamkan di dalam batang pohon. Bayi yang dimakamkam secara khusus  bayi-bayi yang meninggal dunia saat usianya belum enam bulan masih dianggap suci dan tidak memiliki dosa sama sekali. Pohon Tarra menjadi satu-satunya yang dipilih untuk Passilliran. Pohon ini dianggap paling tepat karna memiliki banyak getah. Biasanya bayi-bayi yang dimakamkan dalam batang pohon Tarra tanpa sehelai kain penutup tubuh. Tidak semua orang melakukan tradisi pemakaman bayi ini, saat ini hany mereka yang masih memegang teguh ajaran leluhur. PT. pacébo tours Ltd. Travel Agent Makassar menyediakan paket wisata Toraja dan Bus Pariwisata di Makassar travel agent yang tepat untuk berwisata ke Toraja.

Nah biar liburanmu semakin bermakna sempatkanlah untuk mengunjungi tempat-tempat dengan kearifan lokal yang masih terawat.  Jika anda merasa bingung mungkin Agent Travel Makassar bisa menjadi solusinya. Kami akan membuat liburan anda semakin  lancar.

by pacebo tours team

Similar Posts