Liburan, salah satu hal yang dilakukan di hari libur tentunya ialah mengunjungi destinasi wisata yang ada di berbagai tempat di tanah air. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Jika biasanya Anda selalu menyempatkan diri berkunjung ke pantai, gunung, pulau-pulau, taman bermain, Sekarang saatnya anda mengunjungi tempat-tempat bersejarah untuk memberikan kesan lain di waktu liburan anda sekaligus menambah wawasan. Pernahkah kita berfikir bahwa tempat-tempat disekitar kita memiliki sejarah dan menjadi saksi bisu kehidupan manusia zaman dulu. Kehidupan seperti apa yang dijalani manusia zaman dulu?, bagaimana manusia zaman dulu bertahan hidup tanpa adanya barang-barang seperti di zaman modern? Banyak tempat di penjuru dunia yang meninggalkan jejak kehidupan manusia dari masa ke masa mulai dari kehidupan dalam gua sampai istana kerajaan. Sulawesi selatan salah satu wilayah yang kaya dengan tempat-tempat  bersejarah yang menarik untuk dikunjungi, sejuta misteri sejarah di berbagai tempat di Sulawesi selatan yang tentunya tidak kalah indah dan menarik dibandingkan tempat wisata lainnya.

Tempat-tempat wisata bersejarah Sulawesi selatan yang beberapa masih menyimpan erat misterinya:

1. Leang – Leang

Leang-leang merupakan Taman Prasejarah yang menjadi andalan wisata di Kabupaten Maros . Di Taman ini menawarkan wisata sejarah budaya peradaban manusia purba. Tapak kehidupan manusia jaman prasejarah dapat ditemukan di lokasi ini, seperti lukisan binatang, manusia kang-kang, telapak tangan didinding-dinding gua .  Bukan hanya itu gugusan Karst yang terbentang rapi terlihat sangat menakjubkan dan memikat hati setiap pengunjungnya.  Beberapa tempat di kawasan ini belum terjamah sama sekali dan masih menyimpan sejuta tanya wisatawan.

2. Benteng Balangnipa

Benteng Balangnipa, Kab. Sinjai

Benteng Balangnipa salah satu benteng terbesar di Sulawesi selatan yang didirikan tahun 1557. Menurut sejarah awal pembangunan benteng ini terbuat dari bahan batu gunung yang ditempel dengan lumpur dari sungai Tangka sebagai alat perekat. Model dan material benteng tersebut masih asli sehingga saat memasuki benteng anda seperti dibawa ke masa lalu, terlebih masih banyak barang-barang bersejarah seperti meriam dan lainnya yang jarang kita temukan di tempat lain. Konon cerita tempat ini menyimpan sejuta misteri dengan kerapnya terdengar suara tangisan, tabuhan gendang, serta rintihan kuda. Meski suasana mistik akan sangat nampak jika berada dalam benteng tetapi tidak mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung ke benteng ini.

3. Monumen Mandala

Monumen Mandala

Monumen Mandala bangunan yang dibangun pada tahun 1994 untuk mengenang pahlawan dalam pembebasan Irian Barat dari tangan para penjajah, sekaligus menjadi hadiah untuk presien ke-2 bangsa Indonesia, Soeharto yang merupakan panglima Komando Mandala yang berperan penting dalam pembebasan Irian Barat. Bangunan dengan Menara setinggi 75 meter yang didalamnya  terbagi menjadi 4 lantai. Setiap lantai didalam bangunan bersejarah ini memberikan aroma relief dan berbagai replika pakaian dan para pejuang pembebasan Irian Barat. Dari lantai 4 kita dapat menikmati suasana kota Makassar dari ketinggian. Pada dinding monumen direalisir kobaran api yang melambangkan semangat juang pembebasan irian barat. Akses ke monumen sangatlah mudah karna tepat berada di Jantung kota Makassar dan dapat dijangkau dengan angkutan umum taksi, bus pariwisata maupun kendaraan hotel dimanapun anda menginap.

4. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa, Sungguminasa, Kab. Gowa

Museum Balla Lompoa destinasi wisata sejarah hasil rekontruksi  Istana Kerajaan Gowa yang didirikan pada tahun 1936. Rumah adat suku Bugis (rumah panggung) yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi dengan luas lahan satu hektar yang dikelilingi pagar tembok yang tinggi. Bangunan ini memberikan aroma khas kerajaan Gowa zaman dulu dengan sebuah tangga setinggi lebih dari dua meter untuk masuk ke ruang teras. Ruang utama bangunan ini terdapat sebuah peta Indonesia terpanjang di sisi kanan dinding, dipajang pula silsilah keluarga kerajaan gowa pertama hingga Raja Gowa terakhir, Saat memasuki ruang utama pengunjung juga akan disuguhkan dengan beberapa pajangan alat perang, seperti tombak dan meriam kuno, ada juga sebuah payung lalong sipue (payung yang dipakai pelantikan Raja). Museum Balla Lompoa jaraknya sekitar 10 km dari kota Makassar. Ada beberapa pemandu yang akan memandu wisatawan mengelilingi tempat ini. Selain itu, kita bias membeli ole-ole berupa sarung sutera khas Gowa dan masih banyak hal menarik lainnya yang akan kita jumpai pada museum bersejarah ini.

Bagaimana? Menarik bukan tempat-tempat bersejarah Selawesi Selatan. Jika tertarik untuk berburu tempat bersejarah di Sulawesi selatan, Travel Agent Makassar bisa menjadi solusinya, kami akan memudahkan liburan anda bersama kelura tercinta. Tunggu apa lagi segera persiapkan rencana perjalanan anda.

by pacebo tours team

Similar Posts